PEMBELAJARAN GRAFIK FUNGSI KUADRAT DENGAN
MEMANFAATKAN LABORATORIUM MAYA DENGAN KONFERENSI VIDEO
Oleh: Junaedi Dongoran
A. Pendahuluan
Fungsi kuadrat merupakan fungsi polinomial yang memiliki pangkat tertinggi
variabel/ peubahnya adalah 2. Materi ini adalah lanjutan dari materi SMP,
diajarkan pada kelas X SMA matapelajaran matematika wajib. Suatu fungsi selalu berkaitan
dengan grafik fungsi. Dalam pembelajaran di kelas, banyak peserta didik yang
mengalami kesulitan dalam mebuat dan menggambar grafik fungs kuadrat. kesulitan
mereka karena banyak unsur-unsur yang
harus ditentukan sebelum menggambar suatu grafik fungsi kuadrat. sedangkan materi
ini merupakan materi penting karena berkaitan dengan matematika
lanjutan seperti kalkulus dan mata pelajaran lain seperti Ekonomi dan Fisika
misalnya tentang gerak lurus berubah beraturan. Dari hasil penelitian bahwa
materi fungsi kuadrat ini termasuk pada tingkat pemahaman yang cukup sulit.
Agar permasalahan peserta didik dalam pembelajaran
matematika khususnya materi fungsi kuadrat teratasi, maka perlu dilakukan penanganan yang sesuai dengan kesulitan yang dialami peserta didik tersebut.
Untuk itu guru harus berperan aktif untuk mencari solusi terbaik sehingga
pembelajaran berjalan dengan baik dan peserta didik bisa memahami materi yang
disampaikan.
Pada saat ini, guru dituntut untuk bisa berinovasi dengan memanfaatkan
media pembelajaran berbasis TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi), khususnya pada mata pelajaran matematika, karena dengan memanfaatkan media yang berbasis
TIK dapat membantu meningkatkan
tingkat abstraksi materi yang diajarkan.
Saat ini pada Porta Rumah Belajar milik kemendikbud sudah tersedia laboratorium maya yang bisa digunakan untuk melakukan praktik pembelajaran secara daring. Praktik bisa dilakukan secara mandiri maupun berkelompok. Tersedia empat mata pelajaran pada laboratorium maya, yaitu: matematika, fisika, kimia, dan biologi. Pada mata pelajaran matematika ada beberapa materi yang bisa di praktikkan pada laboratorium maya, diantaranya materi grafik fungsi kuadrat. Laboratorium maya dapat diakses pada https://vlab.belajar.kemdikbud.go.id/ .
B. Pembahasan
Langkah-langkah
dalam melaksanakan pembelajaran pada laboratorium maya pada materi fungsi
kuadrat secara daring dengan konferensi video via zoom adalah sebagai berikut:
- Membuat grup kelas (WA/ Telegram)
- Guru memberikan informasi akan melakukan pembelajaran secara daring sesuai dengan jadwal
- Guru mempersiapkan link zoom
- Guru mempersiapkan modul materi fungsi kuadrat
- Guru mengajak peserta didik untuk melakukan pra pembelajaran dengan
memanfaatkan laboratorium maya dan mengirim link loboratorium maya (https://vlab.belajar.kemdikbud.go.id/) pada
peserta didik pada waktu luang.
- Beberapa hari sebelum hari H, guru mengirim modul fungsi kuadrat pada peserta didik melalui grup kelas dan mengingatkan mereka untuk membaca dan mempelajarinya secara mandiri.
- Pada hari H, guru mengirim link zoom yang digunkan untuk belajar secara konferensi video.
- Peserta didik dan guru berdiskusi terkait materi fungsi kuadrat
- Guru memperagakan cara kerja praktik pada materi fungsi kuadrat secara konferensi video.
- Guru kembali mengirim link laboratorium maya melalui grup kelas untuk bisa praktik secara mandiri
- Peserta didik disuruh untuk melakukan praktik secara mandiri, dan jika ada kendala bisa langsung bertanya kepada guru.
- setelah selesai praktik secara mandiri, guru mengirimkan link soal evalusai (quizizz) untuk dikerjakan oleh peserta didik.
- Melakukan refleksi, menyampaikan materi berikutnya, dan berdoa sebagai penutup.
Dari hasil pengakuan peserta didik, belajar praktik materi fungsi kuadrat dengan laboratorium maya sangat membantu dan asyik. Pemahaman konsep peserta didik juga meningkat, mereka lebih cepat memahami hubungan antara nilai a, b, dan c pada bentuk fungsi kuadrat hubungannya dengan grafik fungsi kuadrat.
Foto-foto kegiatan:
0 Response to "TUGAS PEMBATIK LEVEL 4 : Refleksi Pembelajaran Modul 13 "
Post a Comment