TUGAS PEMBATIK LEVEL 4: Refleksi Pembelajaran Modul 16

 


Essay singkat (200-250 kata) mengenai pengalaman menggunakan konferensi video (sebagai guru maupun peserta webinar) terkait manfaat ataupun kendala, serta rencana dan harapan untuk penggunaan konferensi video.

              Saya  baru mulai akrab dan memanfaatkan konferensi video pada saat pendemi covid-19 ini. Pertama sekali saya ikut tergabung dalam room konferensi video adalah Ketika mengikuti seminar yang diadakan oleh pihak quipper school. Kemudian semakin akrab dan kenal dengan konferensi video setelah sampai pada level 4 pembaTIK tahun 2020.  Banyak kegiatan/ pertemuan yang dilakukan dengan konferensi video via zoom pada saat pembatik setelah lolos ke level 4 , mulai dari mengikuti kuliah umum, coaching, dan peserta pembatik harus melakukan sosialisasi pemanfaatan portal rumah belajar sebagai suatu inovasi pembelajaran dengan konferensi video sebagai salah satu tugas akhir level 4. Jadi saya sudah beberapak kali mengikuti webinar sebagai peserta, dan juga sebagai host Ketika melakukan sosialisasi kepada peserta pelatihan.

            Berkat pengalaman mengikuti seminar dan pelatihan (pembaTIK), dan juga belajar secara otodidak, sekarang kegiatan pembelajaran daring di sekolah sudah sering saya lakukan dengan konferensi video via zoom. Apalagi sekarang pemerintah memberikan paket Gratis yang bisa digunakan untuk mengakses situs-situs tertentu, termasuk zoom dan juga portal rumah belajar.

          Ada beberapa kendala yang saya alami Ketika melakukan konferensi video via zoom (saya sebagai host) , seperti Ketika saya melakukan presentase materi /  Share Screen, layar yang saya tampilkan itu bisa ditulis oleh peserta lain. Pernah juga saya salah memindahkan host pada peserta pelatihan yang kurang paham mengenai zoom, padahal  saya ingin memindahkan host  kepada rekan saya sebagai pemateri. Akhirnya terjadi masalah karena pesrta tersebut tidak paham bagaimana cara memindahkan host.

          Ke depan saya berencana dan akan mendiskusikan dengan pengurus dan peserta MGMP untuk pertemuan rutin yang seharusnya tatap muka, bisa sesekali dilakukan dengan konferensi video mengingat jarak tempuh yang lumayan jauh.

     Harapan saya  semoga pemerintah tetap memberikan akses geratis dalam menggunakan zoom walaupun pandemi covid-19 sudah berakhir nantinya


  RPP dengan mengintegrasikan konferensi video dalam aktifitas belajarnya


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) DARING

Nama Sekolah     : SMAN Unggul Darussalam Labuhan Haji

Mata pelajaran    : Matematika Wajib

Kelas/ semester  : XII IPA 1 dan XII IPA 2

Tahun Pelajaran  : 2020/ 2021

Alokasi Waktu     : 2 x 30 Menit


A.    Tujuan Pembelajaran

 Setelah mengikuti pembelajaran Daring (dalam jaringan) dengan model pembelajaran Flipped Classroom peserta didik bisa nenerapkan rumus peluang kejadian saling lepas dalam memecahkan masalah.

B.    Model Pembelajaran: Flipped Classroom dengan video conference (zoom)


C.    Media Pembelajaran, Alat, dan Sumber Belajar

Media                : Telegram, Zoom Meting, Media Pembelajaran Interaktif, Pen Tablet dan Quizziz.

Alat                    : Laptop dan Handphone

Sumber Belajar :  

-           Link video pembelajaran dari fitur sumber belajar

-          Buku matematika Untuk SMA/ MA tentang materi peluang

-          Youtube/ Internet 

D.    Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan sebelum tatap muka

  • Guru mempersiapkan materi terkait dengan peluang kejadian saling lepas
  •  Melalui grup, guru memberitahukan pesarta didik terkait pembelajaran yang akan dilaksanakan
  •  Guru membagikan materi beberapa hari sebelum pembelajaran tatap muka dilaksanakan. Materi dikirim secara online melalui grup telegram. Guru juga mengirimkan petunjuk/ instruksi  dalam mempelajari materi sesuai dengan tujuan pembelajaran
  •  Peserta didik mempelajari materi yang dikirim oleh guru, baik secara mandiri maupun secara berkelompok sebelum belajar di kelas. Selama mempelajari materi, peserta didik mempersiapkan pertanyaan-pertanyaan terkait dengan materi yang belum dipahami
  • Guru mempersiapkan soal melalui quizizz untuk digunakan pada saat evaluasi
  • Guru mempersiapkan link zoom dan membagikannya kepada peserta didik melalui grup telegram


Pembelajaran Tatap muka

Kegiatan Pendahuluan

       Setelah guru membagian link zoom, peserta didik diminta untuk bergabung ke room atas izin guru.

       Guru melakukan pembukaan dengan salam dan mengajak peserta didik untuk berdoa sebelum pembelajaran dimulai

       Guru mengecek kehadiran peserta didik baik langsung secara conference atau membuat daftar hadir di grup telegram.

       Guru memberikan motivasi kepada peserta didik agar aktif dan semangat dalam mengikuti Pembelajaran Daring

       Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan

        Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran

Kegiatan Inti

     Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya terkait materi yang belum dipahami (materi peluang kejadian saling lepas)

    Setelah terkumpul beberapa pertanyaan, peserta didik dibagi kedalam kelompok kecil dan setiap kelompok diberikan tugas untuk menjawab pertanyaan yang sudah terkumpul.

     Secara bergantian, setiap kelompok dipersilahkan mempresentasikan hasil diskusinya dan  kelompok lainnya menyimak dan menanggapi.

   Guru memberikan penguatan dan menjelaskan terkait materi yang belum dipahami oleh peserta didik dengan bantuan Pen Tablet.

Kegiatan Penutup (10 Menit)

         Peserta didik dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil pembelajaran dan memberikan penguatan

         Peserta didik dibimbing guru untuk melakukan penilaian, dan evaluasi dengan Quizizz

         Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya

         Sebagai penutup, guru mengajak peserta didik untuk berdoa.

 

D.  Penilaian

-        Sikap: Observasi/Jurnal kehadiran dan keaktifan

-        Pengetahuan : Test Online dengan Quiziz

-        Penilaian Keterampilan : Praktik membuat ringkasan Materi dalam bentuk PPT/ Video dan di upload ke Channel youtube kelas

 

 

Mengetahui,

 

Labuhan Haji,  Agustus  2020

Kepala Sekolah     

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

Drs. Akmal

NIP. 19621010 198803 1 005

 

 

 

Junaedi Dongoran,S.Pd.I.,M.Pd.

NIP. 19850809 201103 1 001

 

 

 

 

 

 

 

 

 











Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TUGAS PEMBATIK LEVEL 4: Refleksi Pembelajaran Modul 16 "

Post a Comment