Essay singkat (200-250 kata) mengenai pengalaman menggunakan konferensi video (sebagai guru maupun peserta webinar) terkait manfaat ataupun kendala, serta rencana dan harapan untuk penggunaan konferensi video.
Saya baru mulai akrab dan memanfaatkan konferensi video pada saat pendemi covid-19 ini. Pertama sekali saya ikut tergabung dalam room konferensi video adalah Ketika mengikuti seminar yang diadakan oleh pihak quipper school. Kemudian semakin akrab dan kenal dengan konferensi video setelah sampai pada level 4 pembaTIK tahun 2020. Banyak kegiatan/ pertemuan yang dilakukan dengan konferensi video via zoom pada saat pembatik setelah lolos ke level 4 , mulai dari mengikuti kuliah umum, coaching, dan peserta pembatik harus melakukan sosialisasi pemanfaatan portal rumah belajar sebagai suatu inovasi pembelajaran dengan konferensi video sebagai salah satu tugas akhir level 4. Jadi saya sudah beberapak kali mengikuti webinar sebagai peserta, dan juga sebagai host Ketika melakukan sosialisasi kepada peserta pelatihan.
Berkat pengalaman mengikuti seminar dan pelatihan (pembaTIK), dan juga belajar secara otodidak, sekarang kegiatan pembelajaran daring di sekolah sudah sering saya lakukan dengan konferensi video via zoom. Apalagi sekarang pemerintah memberikan paket Gratis yang bisa digunakan untuk mengakses situs-situs tertentu, termasuk zoom dan juga portal rumah belajar.
Ada beberapa kendala yang saya alami Ketika melakukan konferensi video via zoom (saya sebagai host) , seperti Ketika saya melakukan presentase materi / Share Screen, layar yang saya tampilkan itu bisa ditulis oleh peserta lain. Pernah juga saya salah memindahkan host pada peserta pelatihan yang kurang paham mengenai zoom, padahal saya ingin memindahkan host kepada rekan saya sebagai pemateri. Akhirnya terjadi masalah karena pesrta tersebut tidak paham bagaimana cara memindahkan host.
Ke depan saya berencana dan akan mendiskusikan dengan pengurus dan peserta MGMP untuk pertemuan rutin yang seharusnya tatap muka, bisa sesekali dilakukan dengan konferensi video mengingat jarak tempuh yang lumayan jauh.
Harapan saya semoga pemerintah tetap memberikan akses geratis dalam menggunakan zoom walaupun pandemi covid-19 sudah berakhir nantinya
RPP
dengan mengintegrasikan konferensi video dalam aktifitas belajarnya
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) DARING
Nama
Sekolah : SMAN Unggul Darussalam
Labuhan Haji
Mata
pelajaran : Matematika Wajib
Kelas/
semester : XII IPA 1 dan XII IPA 2
Tahun
Pelajaran : 2020/ 2021
Alokasi
Waktu : 2 x 30 Menit
A.
Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran Daring (dalam jaringan) dengan model pembelajaran Flipped Classroom peserta didik bisa nenerapkan rumus peluang kejadian saling lepas dalam memecahkan masalah.
B.
Model Pembelajaran: Flipped Classroom dengan video conference (zoom)
C. Media Pembelajaran, Alat, dan Sumber Belajar
Media :
Telegram, Zoom Meting, Media
Pembelajaran Interaktif, Pen Tablet dan Quizziz.
Alat :
Laptop dan Handphone
Sumber
Belajar :
-
Link
video pembelajaran dari fitur sumber belajar
-
Buku matematika
Untuk SMA/ MA tentang materi
peluang
- Youtube/ Internet
D. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan sebelum tatap muka |
|
|
Pembelajaran Tatap muka |
Kegiatan
Pendahuluan |
•
Setelah guru membagian link zoom, peserta
didik diminta untuk bergabung ke room atas izin guru. •
Guru melakukan pembukaan dengan salam dan mengajak peserta didik untuk
berdoa sebelum pembelajaran dimulai •
Guru mengecek kehadiran peserta didik baik langsung secara conference atau membuat daftar hadir di grup
telegram. •
Guru memberikan motivasi kepada peserta didik agar aktif dan semangat dalam
mengikuti Pembelajaran Daring •
Guru menyampaikan
tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan
diajarkan •
Guru menyampaikan
garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran |
Kegiatan Inti |
• Guru
memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya terkait materi yang belum
dipahami (materi peluang
kejadian saling lepas) • Setelah
terkumpul beberapa pertanyaan, peserta didik dibagi kedalam kelompok kecil
dan setiap kelompok diberikan tugas untuk menjawab pertanyaan yang sudah
terkumpul. • Secara bergantian,
setiap kelompok dipersilahkan mempresentasikan hasil diskusinya dan kelompok lainnya menyimak dan menanggapi. • Guru memberikan
penguatan dan menjelaskan terkait materi yang belum dipahami oleh peserta
didik dengan bantuan Pen Tablet. |
Kegiatan
Penutup (10 Menit) |
•
Peserta didik dengan
bimbingan guru menyimpulkan hasil pembelajaran dan memberikan penguatan •
Peserta didik
dibimbing guru untuk melakukan penilaian, dan evaluasi dengan Quizizz •
Guru
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya •
Sebagai penutup, guru
mengajak peserta didik untuk berdoa. |
D. Penilaian
-
Sikap: Observasi/Jurnal kehadiran dan
keaktifan -
Pengetahuan :
Test Online dengan Quiziz -
Penilaian Keterampilan : Praktik membuat
ringkasan Materi dalam bentuk PPT/ Video dan di upload ke Channel youtube
kelas |
Mengetahui, |
Labuhan Haji, Agustus 2020 |
Kepala
Sekolah |
Guru Mata
Pelajaran |
Drs. Akmal NIP. 19621010 198803 1 005 |
Junaedi Dongoran,S.Pd.I.,M.Pd. NIP. 19850809 201103 1 001
|
0 Response to "TUGAS PEMBATIK LEVEL 4: Refleksi Pembelajaran Modul 16 "
Post a Comment